Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator) – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar performa mobil tetap bagus. Pastikan komponen berfungsi dengan baik, gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dalam manual, dan ganti oli mobil secara teratur. Kondisi ban mobil juga kurang penting.

Ya, kondisi ban mobil sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara dan harus diperhatikan. Salah satu bagian penting dari sebuah ban yang harus dijaga adalah tapak atau tapak ban.

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Tapak atau ban Tapak adalah bagian dari ban mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Kualitas tapak yang masih tinggi mencengkeram jalan dengan baik dan menghindari risiko tergelincir, yang dapat membuat mobil sulit dikendalikan. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Ada berbagai pola pada tapak, seperti pola rib dan lugs. Banyak orang yang tidak mengerti pola ini biasanya memilih pola yang terlihat menarik, atau memilih ban hanya berdasarkan harga tanpa memperhatikan polanya. Masing-masing pola tersebut memiliki kemampuan yang berbeda-beda, namun Anda perlu memperhatikan pola tersebut sesuai kebutuhan.

Di situs web panduan mobil, pola tapak tidak terlalu berguna dan benar-benar dapat mengurangi performa mobil jika Anda mengemudi di jalan yang benar-benar kering. Namun, pola ini sangat berguna saat digunakan di jalan basah. Ini karena adanya pola ini menyebarkan air ke permukaan ban, membantu ban untuk mencengkeram permukaan jalan dengan lebih baik. Tanpa pola yang tepat dan batasan ketinggian yang tepat, ban mobil akan kesulitan mencengkeram jalan dan membuat mobil sulit dikendalikan.

Lalu bagaimana cara mengetahui pola tapak yang masih bagus?

Inilah fungsi utama TWI (Tread Wear Indicator). TWI merupakan indikator permukaan ban untuk menunjukkan apakah ketebalan pola tapak masih dalam kategori aman. TWI biasanya ditandai dengan simbol segitiga setinggi 1,6 mm. Ini sesuai dengan batas ketinggian tapak minimum yang ditetapkan oleh Asosiasi Perusahaan Ban. Jika ketebalan pola mendekati atau melebihi batas ini, berarti ban sudah aus dan berbahaya untuk terus menggunakan ban, sehingga disarankan untuk segera mengganti ban. meningkatkan.

Check Also

Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini

Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini

Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini – Mobil dengan transmisi otomatis atau manual memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *