Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini

Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini

Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini – Mobil dengan transmisi otomatis atau manual memiliki risiko kecelakaan yang sama. Oleh karena itu, penting bagi mereka yang sering mengemudi untuk mengambil asuransi kecelakaan lalu lintas. Dengan begitu, Anda bisa melindungi diri dari kerugian finansial saat hal ini terjadi. Namun, tahukah Anda bahwa pengemudi mobil matic memiliki tingkat kelalaian yang lebih berisiko mengalami kecelakaan dibandingkan mobil manual? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Waspadai kesalahan Dalam Mengendarai Mobil Matic Ini

• Langkah pedal salah

Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang sedang belajar mengemudi atau yang terbiasa mengendarai mobil matic dengan dua kaki. Bagi yang baru belajar menyetir mobil, refleksnya masih sangat rendah. Alhasil, risiko mengayuh sepeda pun semakin besar. Namun, kondisi ini juga sering terjadi pada orang yang mengendarai mobil matic berkaki dua. Ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi, Anda menjadi sangat panik dan tidak sengaja menginjak gas, tetapi yang Anda butuhkan adalah pedal rem. Alhasil, mobil justru memaksimalkan potensinya dan bertabrakan dengan yang ada di depannya.

• Jangan masuk netral saat berhenti

Sangat disarankan untuk menggunakan gigi netral saat lampu merah dan lalu lintas. mengapa demikian? Ini karena penggunaan rem yang terus menerus dalam situasi ini akan mempercepat keausan kampas rem mobil. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan rem kaki pada saat itu, ada risiko menyebabkan kecelakaan seperti menabrak mobil di depan Anda. Ini biasanya terjadi ketika Anda tanpa sadar melepaskan rem dari kaki Anda karena Anda fokus pada hal lain. Sebaliknya, pada mobil matic, saat rem dilepas, ia berjalan dengan kecepatan rendah tanpa menekan pedal akselerator.

• Intrusi gigi yang salah

Setiap gigi di dalam mobil memiliki fitur tersendiri, termasuk mobil matic. Namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa memindahkan persneling beberapa mobil matic sangatlah mudah. Berbeda dengan mobil manual, yang membutuhkan pola khusus untuk menggerakkannya. Hal ini sering menyebabkan pengemudi mobil tidak diperhatikan ketika gigi mobil tidak sejajar karena benturan yang tidak disengaja. Oleh karena itu, sebelum Anda melepaskan pedal rem dan menginjak pedal akselerator, Anda harus terlebih dahulu memastikan gigi berada pada posisi yang benar.

Check Also

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator) – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar performa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *