Benarkah Ban Bisa Meledak Tanpa Alasan?

Benarkah Ban Bisa Meledak Tanpa Alasan?

Benarkah Ban Bisa Meledak Tanpa Alasan? – Ada beberapa mitos di dunia otomotif. Misalnya, tidak seperti filter oli mesin mobil, tidak perlu diganti setiap kali oli diganti, dan dapat digunakan berulang kali. Kenapa disebut mitos? Untuk itu, filter ini dapat mempengaruhi masa pakai suku cadang otomotif lainnya dan harus diganti. Filter yang digunakan kembali dapat terganggu dan tidak memaksimalkan efek pelumasan oli.

Benarkah Ban Bisa Meledak Tanpa Alasan?

Nah, selain mitos tentang oli, ada juga mitos tentang ban yang sangat banyak beredar di masyarakat dan sering membuat takut pengendara. Artinya, ban bisa meledak tanpa alasan. Yang benar adalah ban meledak memiliki faktor pemicu, dan inilah beberapa di antaranya:

• Tekanan angin salah

Jika tekanan udara terlalu tinggi atau terlalu rendah, ban justru bisa meledak. Namun, jika tekanan ban terlalu rendah, risiko ban meledak lebih tinggi daripada jika tekanan ban tinggi. mengapa demikian?

Ini karena ban dirancang untuk menahan tekanan udara tinggi hingga beberapa tingkat dibandingkan dengan tekanan yang direkomendasikan. Di sisi lain, jika ban mobil terlalu rendah, dinding ban akan fleksibel. Hal ini dapat merusak kabel ban dan menyebabkan ledakan.

• Jenis ban salah

Ada banyak sekali jenis ban. Ada yang cocok untuk riding di kondisi basah, kering dan berbagai kondisi lainnya. Memilih ban yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan, beban kendaraan, dan kondisi jalan meningkatkan risiko ledakan.

• Ukiran ban kotor

Ban memiliki cap di permukaan dinding. Patung-patung ini sering kotor karena penyumbatan di antara mereka. Jika dibiarkan, ban bisa rusak karena gesekan dengan kotoran.

• Sering menabrak lubang

Apakah Anda suka menabrak lubang dan jalan berbatu? Maka bersiaplah untuk ban mobil mudah pecah. Kondisi jalan sangat berbahaya dalam mempercepat kerusakan dinding ban. Jika Anda benar-benar harus melalui jalan seperti itu, ada baiknya untuk memperlambat laju kendaraan Anda.

• Ban kedaluwarsa

Semua ban memiliki masa manfaat. Ketika ban mencapai akhir masa pakainya, kualitas ban akan menurun secara signifikan. Bunga dan pahatan ban mulai menipis, dinding ban menipis, dan permukaan ban tidak rata. Kondisi ini dapat menyebabkan ledakan jika ban masih digunakan.

Check Also

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator) – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar performa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *