Belanjakan Rp 18,1 Triliun, Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik – Toyota berencana membangun pabrik baru, dengan investasi US$1,29 miliar atau Rp18,1 triliun, untuk memproduksi baterai untuk kendaraan gas-listrik, hibrida, dan semua-listrik di Amerika Serikat.

Menurut laporan Autoblog, lokasi pabrik baru raksasa otomotif Jepang di negara Paman Sam itu belum diumumkan. Namun kabarnya pabrik ini akan mempekerjakan 1.750 orang, produksi akan dimulai pada 2025, dan meningkat secara bertahap hingga 2031.

Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Pabrik baru ini merupakan bagian dari investasi senilai $3,4 miliar yang direncanakan Toyota untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik selama 10 tahun ke depan. Namun, dia tidak mengatakan berapa banyak dari sisa $2,1 miliar yang akan dihabiskan, tetapi sebagian darinya kemungkinan akan digunakan untuk produsen baterai lainnya.

Sementara itu, pengembangan kendaraan listrik tidak hanya dilakukan oleh Toyota. Pabrikan lain, seperti Stellantis, Fiat Chrysler dan LG Energy Solution, berencana membangun fasilitas manufaktur baterai. Ini untuk membantu pembuat mobil menangkap 40 persen penjualan kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Toyota sendiri bergabung dengan Ford dan General Motors (GM) dalam mengumumkan investasi besar baru-baru ini di pabrik baterai AS. General Motors berencana membangun pabrik baterai di Ohio dan Tennessee, sementara Ford berencana membangun pabrik di Tennessee dan Kentucky.

Perusahaan Baru

Toyota akan membentuk perusahaan baru untuk menjalankan pabrik baterai baru di Amerika Serikat dengan Toyota Tsusho, anak perusahaan yang kini membuat suku cadang untuk industri otomotif. Perusahaan juga akan membantu Toyota memperluas rantai pasokannya di Amerika Serikat, serta meningkatkan pengetahuannya tentang baterai lithium-ion untuk mobil.

“Komitmen hari ini untuk elektrifikasi adalah tentang mencapai keberlanjutan jangka panjang untuk lingkungan, pekerjaan Amerika, dan konsumen,” kata CEO Toyota Amerika Utara Ted Ogawa dalam sebuah pernyataan.

Check Also

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator)

Memahami Istilah TWI (Tread Wear Indicator) – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar performa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *